Published On: 31/01/2024

Belajar Coding WordPress untuk Pemula

belajar coding wordpress

Belajar Coding WordPress untuk Pemula

WordPress adalah platform pengembangan situs web yang populer dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola situs web tanpa harus memiliki pengetahuan teknis yang mendalam. Namun, jika Anda ingin memiliki kontrol lebih besar atas situs web Anda, Anda perlu mempelajari cara coding WordPress.

Coding WordPress tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dengan sedikit usaha dan dedikasi, Anda dapat menguasai dasar-dasar coding WordPress dalam waktu yang relatif singkat. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa langkah dasar yang dapat Anda ikuti untuk belajar coding WordPress.

1. Pilih Editor Kode yang Tepat

Langkah pertama untuk belajar coding WordPress adalah memilih editor kode yang tepat. Editor kode adalah perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk menulis dan mengedit kode program. Ada banyak editor kode yang berbeda tersedia, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa editor kode yang populer untuk WordPress antara lain:

  • Visual Studio Code
  • Sublime Text
  • Atom
  • Brackets

Pilih editor kode yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

2. Pelajari Dasar-Dasar HTML dan CSS

HTML dan CSS adalah dua bahasa pemrograman dasar yang digunakan untuk membangun situs web. HTML digunakan untuk membuat struktur situs web, sedangkan CSS digunakan untuk mengatur gaya dan tampilan situs web. Sebelum Anda dapat mulai coding WordPress, Anda perlu mempelajari dasar-dasar HTML dan CSS.

Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk mempelajari HTML dan CSS, baik secara online maupun offline. Anda dapat menemukan tutorial, kursus, dan buku yang mengajarkan dasar-dasar kedua bahasa pemrograman ini.

3. Pahami Struktur File WordPress

Struktur file WordPress adalah cara file-file WordPress disimpan dan dikelola. Struktur file WordPress terdiri dari beberapa direktori dan file, masing-masing dengan fungsi yang berbeda. Untuk dapat coding WordPress dengan baik, Anda perlu memahami struktur file WordPress.

Anda dapat menemukan dokumentasi lengkap tentang struktur file WordPress di situs web resmi WordPress.

4. Pelajari Fungsi Dasar WordPress

WordPress memiliki banyak fungsi dasar yang dapat Anda gunakan untuk membangun situs web. Fungsi-fungsi ini mencakup hal-hal seperti menambahkan halaman, posting, gambar, video, dan menu. Untuk dapat coding WordPress dengan baik, Anda perlu mempelajari fungsi-fungsi dasar WordPress.

Anda dapat menemukan dokumentasi lengkap tentang fungsi-fungsi dasar WordPress di situs web resmi WordPress.

5. Mulai Membuat Tema WordPress

Tema WordPress adalah kumpulan file yang menentukan tampilan dan tata letak situs web WordPress. Untuk dapat membuat tema WordPress, Anda perlu mempelajari cara mengedit file tema WordPress. File tema WordPress disimpan dalam direktori /wp-content/themes/.

Anda dapat menemukan tutorial dan kursus online yang mengajarkan cara membuat tema WordPress.

6. Mulai Membuat Plugin WordPress

Plugin WordPress adalah perangkat lunak kecil yang dapat Anda instal untuk menambahkan fitur baru ke situs web WordPress Anda. Untuk dapat membuat plugin WordPress, Anda perlu mempelajari cara mengedit file plugin WordPress. File plugin WordPress disimpan dalam direktori /wp-content/plugins/.

Anda dapat menemukan tutorial dan kursus online yang mengajarkan cara membuat plugin WordPress.

Soft Selling

Jika Anda merasa kesulitan untuk belajar coding WordPress sendiri, Anda dapat menggunakan jasa dari WPFaster. WPFaster adalah perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan dan pengembangan situs web WordPress. WPFaster memiliki tim yang berpengalaman dalam coding WordPress dan dapat membantu Anda membuat situs web WordPress yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WPFaster di nomor 628117229979.

Bagikan: