Published On: 15/01/2024

Cara Menambahkan Formulir Kontak Slide Out di WordPress (Tutorial Mudah)

Apakah Anda ingin menambahkan formulir kontak slide out di WordPress?

Jika bisnis Anda bergantung pada perolehan prospek baru dari formulir kontak situs web Anda, maka salah satu cara terbaik untuk mengembangkan sumber prospek adalah dengan membuat formulir kontak Anda lebih terlihat.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan formulir kontak slide out di WordPress tanpa mengganggu pengguna Anda.

Cara Menambahkan Formulir Kontak Slide Out di WordPressCara Menambahkan Formulir Kontak Slide Out di WordPress

Mengapa Menambahkan Formulir Kontak Slide Out di WordPress?

Banyak pemilik usaha kecil memulai situs web mereka berharap hal ini dapat membantu mengembangkan bisnis mereka.

Itu sebabnya Anda menambahkan a formulir kontak halaman sehingga pengguna dapat menghubungi Anda.

Namun, masalahnya adalah sebagian besar pengguna yang memiliki pertanyaan akan meninggalkan situs web Anda tanpa menghubungi Anda atau bahkan mengunjungi halaman kontak Anda.

Itu sebabnya Anda mungkin memperhatikan bahwa banyak situs web populer menambahkan popup formulir kontakgeser formulir kontak, atau tombol ajakan bertindak yang membuka formulir kontak.

Opsi animasi dan interaktif ini menarik perhatian ke formulir kontak dan memungkinkan pengguna mengisinya dengan cepat tanpa mengunjungi halaman lain. Formulir ini secara signifikan meningkatkan konversi Anda.

Karena itu, mari kita lihat cara membuat formulir kontak slide out di WordPress.

Menambahkan Formulir Kontak Slide Out di WordPress

Untuk tutorial ini, Anda memerlukan Formulir WP. Ini adalah plugin formulir kontak WordPress terbaik di pasaran karena mudah dan kuat.

Anda dapat menggunakan versi gratis dari WPForms plugin formulir kontak jika Anda tidak memerlukan semua fitur premium.

Anda juga membutuhkan OptinMonster. Ini adalah perangkat lunak pengoptimalan konversi yang paling kuat. Ini membantu Anda mengubah pengunjung situs web yang meninggalkan menjadi pelanggan. Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan Versi gratis OptinMonster.

Langkah 1: Membuat Formulir Kontak di WordPress

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin WPForms. Untuk lebih jelasnya, lihat panduan langkah demi langkah kami di cara menginstal plugin WordPress.

Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi WPForms »Tambah Baru halaman untuk membuat formulir kontak Anda. Ini akan meluncurkan antarmuka pembuat WPForms.

Masukkan nama untuk formulir kontak Anda di bagian atas halaman. Setelah itu, Anda perlu mengarahkan mouse ke template ‘Formulir Kontak Sederhana’ dan klik tombol ‘Gunakan Template’.

Buat formulir kontak baruBuat formulir kontak baru

WPForms akan membuat formulir baru berdasarkan template Formulir Kontak Sederhana.

Anda akan melihat pratinjau formulir di panel kanan. Anda dapat mengklik bidang mana saja untuk mengeditnya atau menambahkan bidang baru dari kolom kiri.

Pembuat Formulir WPFormsPembuat Formulir WPForms

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat panduan kami di cara membuat formulir kontak WordPress.

Setelah Anda selesai mengedit formulir, cukup klik tombol ‘Simpan’ untuk menyimpan perubahan Anda.

Selanjutnya, Anda perlu mengklik tombol ‘Sematkan’ di bagian atas untuk mendapatkan kode semat formulir Anda.

Ini akan memunculkan popup yang menunjukkan beberapa cara untuk menyematkan formulir Anda. Cukup klik tautan ‘gunakan kode pendek’ lalu salin kode pendeknya. Anda akan membutuhkannya pada langkah berikutnya.

Klik tautan gunakan kode pendekKlik tautan gunakan kode pendek

Langkah 2: Membuat Slide Out Optin di OptinMonster

Sekarang, kita akan membuat kampanye slide out yang akan menampilkan formulir kontak yang Anda buat pada langkah pertama.

Anda perlu menginstal dan mengaktifkan yang gratis OptinMonster plugin. Untuk lebih jelasnya, lihat panduan langkah demi langkah kami di cara menginstal plugin WordPress.

Plugin ini bertindak sebagai penghubung antara situs web Anda dan akun OptinMonster Anda.

Setelah aktivasi, wizard pengaturan OptinMonster akan dimulai secara otomatis. Ini memungkinkan Anda membuat akun baru atau menghubungkan akun yang sudah ada.

Alternatifnya, Anda dapat pergi ke OptinMonster »Pengaturan halaman, tempat Anda dapat membuat atau menghubungkan akun.

OptinMonster Daftar atau MasukOptinMonster Daftar atau Masuk

Setelah Anda membuat atau menghubungkan akun OptinMonster, Anda dapat membuat optin baru.

Cukup navigasikan ke OptinMonster »Kampanye halaman dan klik tombol ‘Tambah Baru’. Jika Anda belum memiliki kampanye apa pun, Anda juga dapat mengklik tombol ‘Buat Kampanye Pertama Anda’.

Menambahkan Kampanye Baru di OptinMonsterMenambahkan Kampanye Baru di OptinMonster

OptinMonster menawarkan berbagai jenis kampanye dinamis.

Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan kampanye ‘Slide-in’. Silakan klik untuk memilih ‘Slide-in’ sebagai jenis kampanye Anda.

Pilih Jenis dan Templat Kampanye di OptinMonsterPilih Jenis dan Templat Kampanye di OptinMonster

Selanjutnya, Anda perlu memilih template. OptinMonster menawarkan beberapa template siap pakai.

Untuk tutorial ini, Anda harus memilih ‘Kanvas’. Anda dapat menemukannya dengan mudah menggunakan fitur pencarian dan kemudian klik tombol ‘Gunakan Templat’ yang muncul saat Anda mengarahkan mouse ke atasnya.

Segera setelah Anda memilih template, Anda akan diminta memberikan nama untuk kampanye Anda. Ini akan membantu Anda dengan mudah menemukan kampanye di dasbor OptinMonster Anda.

Beri Nama Kampanye OptinMonster AndaBeri Nama Kampanye OptinMonster Anda

Selanjutnya, klik tombol ‘Mulai Membangun’. Sekarang, OptinMonster akan memuat antarmuka pembuat kampanyenya. Anda akan melihat pratinjau langsung kampanye Anda di sebelah kanan.

Anda akan melihat blok berbeda di menu sebelah kiri Anda. Anda harus menemukan blok WPForms dan menarik dan melepasnya ke template Anda.

Menyeret Blok WPForms di OptinMonsterMenyeret Blok WPForms di OptinMonster

Sekarang, blok WPForms akan muncul di template, dan Anda akan melihat pengaturannya di sebelah kiri.

Anda harus mengklik menu tarik-turun ‘Pilihan Formulir’ dari pengaturan blok di menu sebelah kiri dan memilih opsi ‘Tambahkan Kode Pendek Secara Manual’.

Ini akan memungkinkan Anda untuk menempelkan WPForms Anda kode pendek formulir kontak di blok. Anda menyalinnya sebelumnya di tutorial.

Tempel Kode Pendek untuk Formulir WPCode Anda Ke OptinMonsterTempel Kode Pendek untuk Formulir WPCode Anda Ke OptinMonster

Sekarang, Anda bisa menghapus atau mengkustomisasi blok lain di formulir.

Misalnya, Anda dapat mengubah gambar dengan mengkliknya dan menggunakan pengaturan di sebelah kiri. Atau Anda dapat menghapusnya hanya dengan mengarahkan mouse ke blok tersebut dan mengklik ikon Sampah.

Menghapus Blok di OptinMonsterMenghapus Blok di OptinMonster

Untuk tutorial ini, kami akan menghapus blok lain dari optin, hanya menyisakan blok WPForms.

Jika mau, Anda juga dapat mengeklik latar belakang dan memilih warna, gradien, atau gambar untuk opsi dari panel pengaturan di sebelah kiri.

Mengubah Warna Latar Belakang di OptinMonsterMengubah Warna Latar Belakang di OptinMonster

Selanjutnya, Anda perlu mengklik tab ‘Aturan Tampilan’ di bagian atas halaman untuk mengonfigurasi kapan dan bagaimana optin akan ditampilkan.

Anda harus melihat tab ‘Kondisi’ di bagian bawah layar. Di sini, pengaturan default akan menampilkan optin di halaman mana pun setelah 5 detik. Ini seharusnya berfungsi untuk sebagian besar situs web.

Kondisi Pengaturan Tampilan OptinMonsterKondisi Pengaturan Tampilan OptinMonster

Selanjutnya, Anda harus mengklik tab ‘Tindakan’ di bagian bawah halaman.

Secara default, tidak ada animasi atau suara saat optin ditampilkan. Jika mau, Anda dapat memilih opsi dari dropdown ‘Animate with MonsterEffects’, misalnya ‘Slide In (Left)’.

Tindakan Aturan Tampilan OptinMonsterTindakan Aturan Tampilan OptinMonster

Ketika Anda selesai mengonfigurasi Aturan Tampilan, Anda perlu mengklik tombol ‘Simpan’ di bagian atas untuk menyimpan pengaturan Anda dan kemudian klik tombol ‘Terbitkan’.

Di layar berikutnya, Anda perlu mengubah Status Publikasi menjadi ‘Terbitkan’. Ini akan membuat optin tersedia di Anda blog WordPress atau situs web.

Mengubah Status Publikasi di OptinMonsterMengubah Status Publikasi di OptinMonster

Langkah 3: Menampilkan Formulir Kontak Slide Out di WordPress

Sekarang setelah Anda membuat formulir kontak dan kampanye slide out, Anda siap untuk menampilkannya di situs web Anda.

Anda dapat menutup halaman Status Publikasi dengan mengklik ikon ‘X’ di kanan atas. Anda sekarang akan melihat halaman yang memungkinkan Anda mengonfigurasi ‘Pengaturan Output WordPress’ dan ‘Visibilitas & Status’ optin.

Saat Anda menggulir ke bawah bagian ‘Visibilitas & Status’, biasanya Anda ingin ‘Semua Pengunjung dan Pengguna yang Masuk’ melihat kampanye. Namun, ada opsi untuk ‘Khusus Pengunjung’ dan ‘Hanya Pengguna yang Masuk‘.

Pengaturan Visibilitas dan Status di OptinMonsterPengaturan Visibilitas dan Status di OptinMonster

Selanjutnya, Anda perlu memilih ‘Diterbitkan’ dari menu tarik-turun Status. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda harus mengklik tombol ‘Simpan Perubahan’ untuk menyimpan pengaturan Anda.

Anda sekarang dapat mengunjungi situs web Anda untuk melihat formulir kontak slide out beraksi.

Geser Pratinjau Formulir KontakGeser Pratinjau Formulir Kontak

Panduan Ahli untuk Menggunakan Formulir WordPress

Sekarang setelah Anda mengetahui cara membuat formulir kontak slide out, Anda mungkin ingin melihat beberapa panduan kami yang lain tentang formulir WordPress:

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara menambahkan formulir kontak slide out di WordPress. Anda mungkin juga ingin melihat panduan kami di cara mengarahkan lalu lintas ke situs WordPress Anda dan pilihan ahli kami plugin survei WordPress terbaik.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan berlangganan artikel kami Saluran Youtube untuk tutorial video WordPress. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter Dan Facebook.

 

Bagikan: