Published On: 06/10/2023

Membuat Web Berbasis WordPress itu Murah Tapi Ternyata Susah, Ini Sebabnya.

Mengapa Orang Menganggap Pembuatan Website Berbasis WordPress Mudah dan Murah? Meskipun pada kenyataannya tidak semudah dan semurah itu. Mari kita bahas.

Pembuatan website berbasis WordPress sering kali dianggap sebagai pilihan yang mudah dan murah. Karena WordPress dikenal memiliki kelebihan dan popularitas template yang signifikan, ada beberapa faktor yang menjadikan persepsi ini umum. Meskipun pada akhirnya, setiap orang (termasuk pemilik web, bukan designer/developernya, pusing sendiri saat menangani web berbasis wordpress).

Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang tidak lagi menganggap pembuatan website berbasis WordPress mudah dan murah:

1. Kompleksitas Penggunaan:
Meskipun antarmuka WordPress didesain untuk ramah pemula, pengguna yang tidak berpengalaman teknis mungkin menghadapi kesulitan saat menggunakan platform ini. Konfigurasi awal, pengaturan tema, dan penerapan plugin sering kali memerlukan pemahaman dasar tentang konsep desain web dan pengelolaan konten. Apakah anda tahu mengenai struktur Page, Post type, Fields, Taxonomy, Slug, Permalink, dan sebagainya? Proses mempelajari hal-hal tersebut dapat memakan waktu dan membutuhkan upaya tambahan untuk menguasai cara mengoptimalkan penggunaan WordPress.

2. Keterbatasan Tema dan Plugin Gratis:
Meskipun WordPress menyediakan banyak tema dan plugin gratis, sering kali kualitas dan fitur yang tersedia di dalamnya terbatas. Jika pengguna ingin tampilan yang lebih khusus atau fungsionalitas yang lebih canggih, mereka harus mempertimbangkan untuk membeli tema premium atau plugin tambahan. Biaya ini dapat meningkatkan pengeluaran yang seharusnya murah. Pada banyak kasus, anda bisa saja tidak perlu membeli tema dan plugin untuk dapat memenuhi kebutuhan anda di website. Anda cukup memiliki skill yang mumpuni dan cukup untuk membuat kode / coding “function code” yang tentunya diluar bayangan anda mengenai template web yang tinggal pasang tempel. WordPress memang menggunakan template, tapi skill coding tetap diperlukan.

3. Biaya Hosting dan Pengelolaan:
Meskipun WordPress sendiri gratis, anda, designer, atau developer masih perlu mengeluarkan biaya untuk hosting dan produksi hingga pengelolaan situs web. Hosting yang andal dan cepat seringkali memerlukan biaya bulanan atau tahunan, terutama jika situs web memiliki beban kerja dan lalu lintas tinggi. Pengelolaan situs, termasuk pembaruan keamanan, backup, dan pemeliharaan, juga dapat menambah biaya operasional yang signifikan. Saya pribadi, menerapkan harga mulai dari Rp.1.500.000,- hingga Rp.3.500.000,- untuk technical maintenance website bulanan, sudah termasuk pekerjaan admin.

4. Keterbatasan Kustomisasi:
Meskipun WordPress menawarkan fleksibilitas dalam kustomisasi, ada batasan yang mungkin dihadapi oleh pengguna. Jika pengguna ingin mengubah aspek inti dari tema atau membutuhkan fungsionalitas yang sangat unik, mereka mungkin memerlukan bantuan seorang pengembang web yang ahli dalam WordPress. Ini dapat menambah biaya dan kompleksitas dalam pembuatan dan pemeliharaan situs web. Mirip seperti yang saya sebutkan pada point ke-2, kemampuan koding tetap diperlukan saat membangun web berbasis WordPress. Tentu saja ini tidak mudah, namun bisa tetap murah, meskipun mungkin tidak semurah yang anda bayangkan. Kadang gitu. 😁

5. Kesulitan dalam Pemecahan Masalah:
Meskipun komunitas WordPress yang luas dan aktif menyediakan sumber daya dukungan, pengguna yang mengalami masalah kompleks mungkin menghadapi kesulitan dalam mencari solusi yang tepat. Menavigasi dan memahami dokumentasi teknis, forum diskusi, atau meminta bantuan dari komunitas membutuhkan waktu dan kemampuan pemecahan masalah yang memadai. Namun jangan khawatir, saya bisa membantu anda. Silahkan hubungi saya.

WordPress memang menawarkan banyak keuntungan dalam pembuatan website, namun ada faktor-faktor yang dapat membuat proses ini tidak mudah dan tidak murah (setidaknya tidak semurah yang anda bayangkan).

Apapun platform website yang anda gunakan, penting bagi anda untuk mempertimbangkan keterbatasan dan biaya yang mungkin timbul. Ukur kebutuhan dan keterampilan anda sebelum memutuskan untuk menggunakan WordPress.

Namun percayalah, website berbasis WordPress akan tetap lebih murah dibandingkan web berbasis native coding. Hanya saja, mungkin tidak semurah itu. 😁❤️

Bagikan: